Pengelabuan (phishing) hilang Salah satu serangan yang paling umum yang kita lihat adalah serangan "phishing" (dilafalkan seperti fishing). Ini adalah ketika penyerang kontak yang Anda anggap sebagai seseorang yang Anda kenal atau organisasi yang Anda percayai, dan mencoba memberi mereka informasi pribadi atau membuka situs web atau file berbahaya. Sebagian besar upaya pengelabuan (phishing) masuk melalui email, tetapi mereka juga dapat masuk melalui pesan teks, pesan langsung di media sosial, atau bahkan panggilan telepon (yang kami sebut "Vishing"). Semua hal tersebut sama-sama tersedia: Pengirim tepercaya Pesan atau panggilan akan muncul dari orang atau organisasi yang Anda percayai. Bisa bank, pemerintah, layanan seperti Netflix atau Spotify, perusahaan teknologi seperti Microsoft, Amazon, atau Apple, atau beberapa layanan lain yang Anda kenal. Penipu yang benar-benar penipuan mungkin mencoba meniru bos atau anggota keluarga Anda. Permintaan mendesak Pesan tersebut biasanya memiliki kesan mendesak bagi mereka. Ada sesuatu yang akan dibatalkan, Anda harus membayar sedikit biaya secara gratis, atau Anda akan melewatkan beberapa penawaran khusus, dan Anda harus mengambil tindakan SEKARANG. Mendesaknya adalah agar Anda dapat menerima pesan dengan serius dan meminta Anda untuk mengambil tindakan pada pesan tersebut tanpa memikirkannya terlalu banyak, berkonsultasi dengan penasihat tepercaya, atau mencari tahu apakah pesan tersebut palsu. Tautan atau lampiran Pesan akan menyertakan sesuatu yang perlu Anda klik – link ke situs web, atau file lampiran yang paling umum. Situs web tersebut mungkin merupakan versi palsu dari situs web yang sah, dirancang untuk menipu Anda memasukkan nama pengguna dan kata sandi, atau informasi pribadi lainnya, sehingga mereka bisa mencuri informasi tersebut untuk digunakan sendiri. Semua file lampiran hampir pasti menjadi malware. Apa yang dapat Anda lakukan dengan pengelabuan? Lihat dengan saksama setiap pesan yang Anda dapatkan yang menginginkan Anda mengambil tindakan mendesak. Perhatikan alamat email pengirim secara khusus. Jika pesan tersebut mengklaim berasal dari bank Anda, tetapi alamat pengirimnya bukan merupakan nama domain bank Anda yang seharusnya menjadi peringatan keras. Jangan pernah membuka tautan atau lampiran apa pun yang tidak diharapkan; bahkan jika seseorang yang Anda percayai muncul. Jika mendapatkan tautan yang nampaknya berasal dari bank atau organisasi tepercaya lainnya, buka tab baru di browser web, lalu langsung masuk ke situs web organisasi dari favorit yang disimpan, dari pencarian web, atau dengan mengetikkan sendiri nama domain organisasi. Tautan dari email pengelabuan akan membawa Anda ke situs yang terlihat sangat asli tetapi dirancang untuk mengelabui Anda untuk memasukkan informasi pribadi. Jika Anda mendapatkan lampiran yang tidak Anda harapkan, jangan buka lampiran tersebut. Sebaliknya, hubungi pengirim, sebaiknya melalui metode berbeda seperti pesan teks atau panggilan telepon, dan pastikan bahwa lampiran tersebut asli sebelum Anda membukanya. Gunakan SmartScreen untuk Microsoft Edge yang dapat membantu memblokir situs web pengelabuan (phishing) yang diketahui. Untuk mempelajari selengkapnya tentang cara menemukan dan mengalahkan serangan pengelabuan lihat Melindungi diri Anda dari skema pengelabuan (phising) dan bentuk penipuan online lain Malware Malware adalah perangkat lunak berbahaya dan terkadang dikenal sebagai "virus". Fitur ini dapat didesain untuk melakukan berbagai hal berbeda termasuk mencuri data pribadi, pencurian identitas, menggunakan perangkat untuk serangan mesin lain secara diam-diam, menggunakan sumber daya komputer untuk menjalankan tugas saya, atau tugas berbahaya lainnya dalam jumlah berapa pun. Terdapat beberapa cara komputer Anda terinfeksi oleh malware tetapi cara paling umum adalah dengan membuka lampiran file berbahaya, atau mengunduh dan membuka file dari situs web yang tidak aman. Anda juga dapat terinfeksi oleh malware dengan membuka file atau menginstal aplikasi yang tampak berguna tetapi sebenarnya berbahaya. Serangan seperti itu disebut sebagai "Trojan Horse". Salah satu versi yang digunakan penyerang adalah untuk menyamarkan malware sebagai pembaruan browser. Jika mendapatkan pemberitahuan yang tidak biasa bahwa browser perlu diperbarui, tutup pesan pembaruan yang mencurigakan, lalu buka menu pengaturan untuk browser Anda. Cari halaman Bantuan > Tentang; di semua browser utama yang masuk ke halaman itu akan menjadikan browser memeriksa pembaruan yang sah. Salah satu jenis malware yang biasa ketika ini disebut "Ransomware." Malware tersebut termasuk dalam jenis malware tertentu yang mengenkripsi file, lalu meminta Anda mengeluarkan uang penyerang untuk membuka kunci file agar anda dapat mengaksesnya. Ransomware yang makin lama juga mencoba mencuri data Anda sehingga penyerang juga dapat mengancam untuk merilis file secara publik jika Anda tidak mengeluarkan uang ransom. Jika Anda terinfeksi oleh ransomware. Tidak ada jaminan bahwa walaupun Anda membayar ransom bahwa Anda akan menerima data kembali, dan dengan membayar ransom, Anda dapat menciptakan diri Anda sendiri menjadi target untuk serangan ransomware komplemen di era mendatang. Tips: Microsoft OneDrive memiliki alat bawaan untuk membantu Anda melindungi dan memulihkan dari ransomware. Untuk gosip selengkapnya, lihat Deteksi ransomware dan memulihkan file Anda. Apa yang mampu Anda lakukan ihwal malware? Hati-hati. Jangan buka lampiran atau link yang tidak dibutuhkan. Sangat cermat dengan aplikasi apa yang Anda pilih untuk diinstal dan hanya menginstal aplikasi ternama dari penyedia ternama. Berhati-hatilah secara khusus wacana mengunduh file atau aplikasi dari situs mengembangkan file atau ajaran. Selalu terkini. Pastikan bahwa tata cara operasi dan aplikasi Anda telah diperbaharui dengan patch dan perbaikan modern. Di PC, pembaruan Windows dapat membantu. Dibela. Memiliki acara antimalware aktif dan modern yang berjalan di komputer Anda. Windows 10 menyertakan Antivirus Pertahanan Microsoft dan sudah diaktifkan secara default. Terdapat juga sejumlah aplikasi antivirus pihak ke-3 yang mampu Anda pilih. Untuk mempelajari selengkapnya ihwal malware, lihat Bagaimana malware dapat menginfeksi PC Anda. Penipuan derma teknis Serangan lain yang sering kami lihat yaitu penipuan pemberian teknis. Dalam serangan ini, kontak penipu yang Anda dan coba memperlihatkan kepada Anda bahwa ada yang salah dengan komputer Anda dan bahwa Anda mesti membiarkan mereka "memperbaiki" untuk Anda. Dua cara paling biasa mereka menelepon Anda adalah lewat pesan kesalahan artifisial di komputer Anda, atau dengan menghubungi Anda melalui telepon. Pesan kesalahan artifisial biasanya di dibuat oleh website berbahaya atau disusupi. Anda cuma menggunakan browser web, mungkin Anda mengklik suatu link di penelusuran web atau di media umum, dan tiba-datang layar Anda diisi dengan pesan yang terlihat seram yang memberi tahu bahwa komputer Anda memiliki persoalan atau virus dan bahwa Anda perlu secepatnya menelepon nomor telepon yang disediakan. Pop-up ini mungkin timbul untuk memblokir jalan masuk ke komputer anda sehingga Anda tidak bisa menutupnya dan bahkan bisa menggunakan bunyi alarm atau bunyi yang direkam untuk membuatnya tampakbahkan lebih susah. Tips: Terdengar tidak gila? Pesan mendesak, mengancam akan hal-hal jelek, jika Anda tidak bertindak kini? Tema ini ialah tema berulang yang mengalami serangan dan penipuan. Panggilan telepon lazimnya berbentukpanggilan "distributor bantuan teknologi" yang mengundang Anda dan berpura-pura dari perusahaan tepercaya seperti Microsoft atau Amazon. Penipu ini ialah profesional dan akan kadang-kadang terdengar cukup memusuara. Baik Anda memanggil mereka dari pop-up atau pesan kesalahan lainnya, atau mereka menyebut Anda sebagai biro pinjaman teknologi, ceritanya selalu sama. Mereka menginformasikan bahwa mereka sudah mendapatkan kesalahan dengan komputer atau akun Anda, dan mereka ingin Anda membiarkannya memperbaikinya. Ada beberapa hal yang lazimnya terjadi pada titik ini: Mereka akan mengharapkan Anda untuk membiarkan mereka mengakses komputer Anda secara jarak jauh sehingga mereka bisa "memperbaikinya". Saat mereka berpura-pura untuk memperbaiki komputer Anda, mereka sebenarnya akan mencuri gosip Anda atau menginstal malware. Mereka dapat meminta informasi pribadi Anda semoga mereka dapat menolong "memperbaiki" akun Anda. Informasi ini mungkin menyertakan hal-hal mirip nama, alamat, nama pengguna, kata sandi, nomor jaminan sosial, ulang tahun, dan jenis data pribadi atau keuangan lain yang mereka anggap dapat mengelabui Anda untuk mengungkapkannya. Mereka akan sering menjajal mengenakan biaya yang sedikit untuk layanan mereka untuk "memperbaiki" persoalan yang tidak ada. Jika Anda memberi mereka gosip kartu kredit Anda, mereka mungkin berpura-pura kartu tidak masuk dan menanyakan apakah Anda mempunyai kartu lain. Mereka melakukannya untuk melihat apakah mereka mampu memberi Anda beberapa kartu kredit. Apa yang mampu Anda lakukan dengan penipuan derma teknis? Ingat bahwa pesan kesalahan bekerjsama dari Microsoft atau perusahaan teknologi besar yang lain, tidak pernah menambahkan nomor telepon untuk menelepon mereka. Microsoft dan perusahaan teknologi resmi yang lain tidak akan pernah menelepon Anda dengan hambar untuk menginformasikan bahwa ada masalah dengan perangkat Anda. Kecuali Anda menghubungi kami terlebih dahulu, kami tidak akan menelepon Anda untuk memperlihatkan bantuan teknis. Agen derma teknologi tidak perlu meminta nomor jaminan sosial Atau informasi langsung lain yang tidak terkait. Jika Anda mendapatkan panggilan dari seseorang yang menawarkan pinjaman teknis yang tidak diminta, tutup telepon mereka. Jika layar tiba-tiba diisi dengan pop-up menyeramkan, Anda harus segera menutup browser (coba tekan ALT+F4 jika Anda tidak mampu melakukannya dengan mouse). Jika Anda tidak bisa menutup browser Anda coba mulai ulang komputer Anda. Hubungi penasihat atau anggota keluarga tepercaya jikalau Anda cemas perangkat Anda mungkin sungguh-sungguh memiliki masalah. Sumber https://viablogers.blogspot.com
pop
Sabtu, 08 Februari 2020
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
EmoticonEmoticon