Minggu, 08 Maret 2020

Panduan Utama Seo Onpage

Meskipun Google telah memberikan preferensi lebih sedikit yang kaya kata kunci sejak pembaruan Exact Match Domain (EMD), masih penting untuk memilikinya. Mata manusia masih terbelalak dengan kata kunci tebal yang disorot dalam URL, ketika mereka menelusuri halaman hasil pencarian. Panduan Utama SEO OnPage Sebuah situs atau blog haruslah tertata tanpa kesalahan yang fatal untuk mendapatkan kesukaan mesin pencari seperti Google, Bing, Yahoo dan lainnya. Pada pembahasan kali ini kita akan kupas dari awal hingga akhir sebagai Panduan Utama SEO On-Page. 1. Pindahkan situs Anda dari HTTP ke HTTPS Google telah secara resmi mengumumkan bahwa HTTPS sekarang menjadi sinyal peringkat. HTTPS memastikan anda dapat dengan aman mengirim data pribadi secara online (seperti informasi kartu kredit, detail login, dan sebagainya) tanpa risiko bocor ke pihak ketiga. Untuk melindungi data yang ditransfer, HTTPS menggunakan teknologi SSL. Jadi, untuk mengaktifkan HTTPS untuk situs web anda, anda harus mendapatkan Sertifikat SSL (biasanya berdasarkan pembayaran) dan menginstalnya di server. Anda akan memerlukan HTTPS jika situs anda melakukan transaksi. HTTPS telah menjadi standar sejak lama untuk semua toko e-commerce. Jika situs anda membutuhkan data untuk login, komentar atau langganan email, sebaiknya gunakan HTTPS untuk membangun kepercayaan pengguna. Pindah dari HTTP ke HTTPS tidak akan secara nyata meningkatkan peringkat anda saat ini tetapi jelas di radar Google. Tidak ada penalti yang terlibat dengan menjalankan situs HTTP. Namun, sebagian besar situs saat ini menggunakan data pribadi pengunjung (bagian komentar, misalnya) dan lebih baik memiliki data ini dienkripsi. 2.  Optimalkan TITLE halaman Anda untuk kata kunci yang ditargetkan Judul tag adalah area SEO yang paling penting untuk menempatkan kata kunci pilihan halaman anda. Ini adalah kata kunci yang secara harfiah memberitahu mesin pencari tentang halaman. Untuk pengguna, tag judul adalah teks yang muncul di header jendela browser ketika pengguna membuka halaman anda dan Judul digunakan di baris yang berfungsi sebagai deskriptor utama yang dicetak tebal sebagai tautan pada halaman hasil pencarian. Mereka juga dapat melihat teks ini di menu Bookmark / Favorites setelah menyimpan halaman anda ke bookmark. Karenanya, di sinilah anda harus selalu menempatkan kata kunci terpenting yang anda optimalkan untuk sebuah halaman. Anda juga harus menghindari pemborosan ruang yang berharga dengan kata-kata seperti nama perusahaan anda, kecuali jika bisnis anda begitu terkenal sehingga orang menggunakan nama perusahaan anda sebagai kata kunci utama mereka saat mencari apa yang anda jual (seperti eBay, misalnya). Dalam kode halaman, tag judulnya tampak seperti berikut: Your keyword-optimized title Google biasanya menampilkan 55-60 karakter pertama dari tag judul, atau sebanyak mungkin karakter yang sesuai dengan tampilan 600-piksel. Hal-hal penting untuk diketahui : Jika anda menyimpan judul anda antara 30 dan 70 karakter , anda dapat mengharapkan setidaknya 95% dari judul ditampilkan dengan benar. Pastikan itu adalah tag pertama di area tersebut dan ingat bahwa setiap halaman membutuhkan tag judul uniknya sendiri. 3.   Hapus tag Judul duplikat Karena tag Judul adalah bagian terpenting dari halaman blog atau web untuk pengalaman pengguna dan optimisasi mesin pencari, sangat perlu untuk menghindari tag Judul duplikat di situs web anda. Pembaruan Google Panda berjuang melawan konten berkualitas rendah di Web dan hal pertama yang mereka pertimbangkan adalah apakah sebuah situs memiliki duplikat tag Judul pada banyak halaman blognya. Ini pertanda kode ceroboh di terbaik dan spam di terburuk. Selidiki situs web blog anda untuk duplikat Judul tag dan tulis ulang untuk membuatnya unik dan deskriptif. Berikan perhatian khusus pada halaman arahan anda - halaman yang paling mungkin menarik pencari di SERP. 4.  Optimalkan judul halaman untuk kata kunci yang ditargetkan Saat membuat halaman blog atau web, orang menggunakan tag Header ( , , , dll.) Untuk memberi label pada judul. Mesin pencari masih menganggap konten dari tag ini sebagai penting (terutama tag heading tingkat pertama - ), namun kepentingannya masih jauh lebih rendah daripada tag TITLE. Sertakan kata kunci dan frase kunci terpenting dalam tajuk tingkat pertama: Judul tingkat pertama anda dengan kata kunci Gunakan hanya satu tag di halaman mana pun jika situs anda menggunakan HTML4. Melalui HTML5 anda dapat menggunakan tag sebanyak yang diperlukan. Tapi itu tidak berarti mereka harus ditambahkan secara bebas di lokasi yang sewenang-wenang. Cepat pelajari Kebenaran Tentang Beberapa Tag H1 Di Era HTML5 . Dalam kebanyakan kasus, tajuk tingkat atas akan sama dengan TITLE. Juga gunakan tag dan pada halaman untuk menyusun informasi dengan cara yang benar; pastikan untuk memperkaya mereka dengan kata kunci juga. 5.   Evaluasi kualitas tautan masuk Anda Menghasilkan tautan masih merupakan metode penting dalam pemasaran mesin pencari. Dengan pembaruan algoritma Google Penguin 4.0, anda harus lebih memperhatikan kualitas profil backlink anda. Lakukan analisis backlink anda untuk menjaga situs anda aman dari hukuman mesin pencari. Tautan dari lingkungan yang buruk, tautan seluruh situs atau sekelompok tautan dengan teks jangkar yang sama persis dapat membahayakan peringkat anda. Selidiki siapa yang menautkan ke anda dan, jika anda merasa telah dihukum, tolak tautan beracun dengan bantuan alat periksa kualitas Backlink. 6.   Optimalkan tag ALT gambar dan Judul gambar untuk kata kunci bertarget Tag - Gunakan dengan bijak dan anda dapat dengan cepat mengubah Gambar menjadi Aset. Mesin tidak dapat mengindeks gambar anda hanya berdasarkan apa yang tampak seperti gambar - Anda perlu memberi tahu mereka apa gambar dengan teks. Satu-satunya aspek kata kunci yang dapat diindeks dari gambar adalah teks dari halaman gambar aktif tetapi yang paling penting teks yang Anda masukkan dalam tag . Penggunaan tag ALT juga sangat efektif dalam membantu peringkat gambar Anda dengan baik di mesin pencari gambar search, jadi TIDAK boleh diabaikan. Ingatlah bahwa seharusnya tidak mengharapkan peningkatan peringkat besar dari taktik ini - bahkan anda mungkin tidak mendapatkan sama sekali. Memasukkan teks ALT gambar adalah teknik pengoptimalan yang bahkan Bing menyarankan gunakan untuk peringkat yang lebih baik. Dua alasan lagi untuk menggunakan tag ALT adalah: Saat anda membuat gambar sebagai tautan, teks ALT berfungsi sebagai teks jangkar dan karena itu dapat mempengaruhi peringkat untuk halaman target mirip dengan cara kerja teks jangkar berbasis teks. Biasanya tautan teks dianggap lebih baik untuk tujuan ini, tetapi jika anda harus menggunakan gambar untuk tautan anda, pastikan untuk memasukkan kata kunci serupa yang dioptimalkan dalam teks ALT. Spesifikasi HTML terbaru mensyaratkan bahwa gambar memiliki tag ALT, kegagalan untuk memasukkan informasi ini akan menyebabkan kesalahan validasi. Intinya, menggunakan tag ALT kadang-kadang bisa membantu, dan tidak akan pernah merugikan upaya peringkat dan desain web. Oleh karena itu, Anda harus menggunakan tag ALT setiap kali melakukan hal tersebut memiliki peluang membuat kata kunci gambar bermakna dan dengan demikian menumpuk keuntungan sesuai keinginan. 7.   Gunakan tautan rel = canonical untuk menentukan halaman yang dipilih untuk diindeks Dalam dunia manajemen konten dan sistem belanja online, konten yang sama dapat diakses melalui beberapa URL. Untuk menghindari terkena pembaruan algoritma Google Panda, pastikan untuk menggunakan elemen tautan rel = canonical untuk menentukan halaman yang dipilih untuk diindeks. Tambahkan elemen dengan atribut rel = "canonical" ke bagian halaman: The https://blog.example.com/canonical_url akan menjadi URL pilihan untuk mesin pencari untuk digunakan untuk mengakses konten, sehingga hasil pencarian akan lebih mungkin untuk menunjukkan pengguna bahwa struktur URL. Catatan: Gunakan jalur absolut dan bukan jalur relatif dengan elemen tautan rel = " canonical". Tentukan tidak lebih dari satu tautan rel = kanonik untuk satu halaman. Ketika lebih dari satu ditentukan, semua rel = kanonik akan diabaikan. 8.   Tulis ulang URL dinamis untuk membuatnya ramah mesin pencari Jika menggunakan halaman yang dibuat secara dinamis di situs anda, penting untuk menjaga URL halaman anda sesederhana mungkin - sehingga mesin pencari dapat dengan mudah merangkak dan mengindeksnya. URL juga harus ramah untuk dibaca, dibagikan, dan daftar di SERP. Gunakan kata-kata dalam URL dan struktur direktori sederhana (lebih disukai bahwa nama direktori memiliki kaitan dengan konten di dalamnya). Untuk melanjutkan dengan langkah-langkah ini, Anda dapat bekerja dengan file .htaccess Anda untuk menulis ulang URL dinamis Anda, atau menggunakan metode penulisan ulang URL lainnya. Untuk info lebih lanjut tentang rekomendasi Google sesuai dengan URL SE-friendly, silakan merujuk ke Bantuan Konsol Pencarian> Struktur URL. 9.   Periksa situs anda apakah ada tautan yang rusak dan (anchor) jangkar yang hilang Untuk menciptakan situs anda ramah pengguna dan ramah mesin penelusuran, pastikan situs anda bebas dari problem seperti tautan rusak dan jangkar yang hilang. Gunakan alat audit Teknis untuk melakukan investigasi kualitas situs biasa. Lihat apakah ada masalah yang terdeteksi di situs anda dan perbaiki hal-hal yang perlu. Catatan: Perhatikan praktik terbaik untuk membuat halaman web cepat diidentifikasi oleh Yahoo! . 10.   Perbarui konten situs anda secara terpola Beberapa tahun yang kemudian Google mengumumkan Pembaruan Kesegaran yang mempertimbangkan kesejukan konten situs dikala memeringkat halaman. Google mengukur semua dokumen anda untuk kesejukan, dan kemudian skor setiap halaman sesuai dengan jenis permintaan penelusuran. Sementara beberapa ajakan memerlukan konten baru, Google masih memakai konten lama untuk usul lain. Untuk menunjukkan terhadap Google dan mesin telusur lainnya bahwa website anda selalu terbarui dan bermutu tinggi, perbarui konten anda sesering mungkin. Cara termudah untuk menambahkan halaman gres yakni dengan memulai blog di domain anda. Sebuah blog juga akan membantu anda memperluas inti semantik situs web anda dan menerima lebih banyak visibilitas. Jangan lupa untuk memperbarui konten halaman terpenting anda semoga tetap relevan dan terbaru. 11.   Tambahkan markup Kaya Cuplikan untuk pencarian lokal Cuplikan Kaya yaitu hasil penelusuran dengan perangkat pelengkap seperti gambar, ulasan, harga, program, waktu tayang, nomor telepon, alamat, dan bahkan resep. Selain memajukan penghidangan halaman anda dalam hasil pencarian, cuplikan kaya juga membantu pengguna mendapatkan situs anda ketika acuan kawasan setempat. Gunakan Markup Skema untuk bisnis setempat untuk membantu Google mengidentifikasi kawasan yang disebutkan di situs anda. Jika situs anda berisi ulasan atau info lain perihal bisnis dan organisasi, maka markup terstruktur membantu menghubungkan halaman anda dengan tempat yang disebutkan. 12.  Menganalisis profil backlink pesaing Analisis profil tautan pesaing memberi anda citra wacana seberapa baik kinerja website anda daripada pesaing anda dan menunjukkan terhadap anda bagaimana anda mesti mengembangkan profil backlink anda untuk memenangkan pesaing anda. Perhatikan parameter pesaing anda berikut ini: Aliran Kepercayaan Domain, Aliran Kutipan Domain, Otoritas Domain Moz, Otoritas Halaman Moz. 13.  Optimalkan struktur tautan internal situs anda Optimalisasi struktur tautan situs anda menolong anda menyebarkan PageRank, alias jus tautan, ke halaman yang membutuhkannya. Halaman berharga yang anda tingkatkan harus menerima sebanyak mungkin tautan masuk dan mempunyai sedikit tautan keluar ke laman otoritas tinggi. Untuk tujuan ini, hapus tautan ke halaman yang kurang penting di situs anda dan letakkan lebih banyak tautan ke halaman yang ingin anda optimalkan. Ini akan mengarahkan jus tautan ke halaman penting anda dan membantu mendorongnya ke atas di peringkat. Catatan: Tautan di seluruh situs (tautan dari sajian navigasi situs atau catatan kaki di setiap halaman, contohnya) kurang berharga daripada tautan yang diposisikan dalam teks dan dikelilingi dengan kata-kata yang berkaitan secara tematis. Tautan di seluruh situs ke situs lain memiliki peluang menciptakan anda dieksekusi. 14.  Buat akun Google dan Bing Alat Webmaster Mesin pencari utama memberi pemilik situs alat yang memberikan statistik kemudian lintas yang masuk ke situs mereka dan bahkan apa yang dilakukan pengunjung begitu mereka datang di sana. Dengan derma Google Search Console (sebelumnya Google Webmaster Tools) dan Bing Webmaster Tools  anda mampu: Kirim dan periksa peta situs; Buat dan periksa file robots.txt; Lihat daftar halaman internal dan eksternal yang terhubung ke situs; Lihat apa yang mengakibatkan pencarian kata kunci ke situs yang terdaftar dalam hasil penelusuran, dan klik melalui tingkat daftar tersebut; Lihat statistik ihwal bagaimana mesin telusur mengindeks situs, dan bila mereka menemukan kesalahan saat melakukannya; Tetapkan domain yang disukai, yang menentukan bagaimana URL situs ditampilkan dalam hasil penelusuran. Untuk mengawali, anda harus masuk ke Google Search Console (sebelumnya Google Webmaster Tools) dan menambahkan situs anda. Pertama, masuk menggunakan alamat email Google anda, tambahkan situs anda ke dalam antarmuka dan lalu verifikasi bahwa anda yaitu pemilik situs tersebut. Di sinilah mampu sedikit rumit. Google memungkinkan anda menentukan salah satu dari beberapa opsi untuk pertanda bahwa anda mempunyai situs: dengan mengunggah file HTML ke server anda, dengan menambahkan tag meta ke beranda situs anda, dengan menautkan ke akun Google Analytics anda atau dengan menambahkan catatan DNS ke konfigurasi domain anda. Dari Google yang menjelaskan proses ini kepada pemula: Memverifikasi kepemilikan situs anda di Google Search Console (sebelumnya Google Webmaster Tools) . Untuk masuk Bing Webmaster Tools dengan Windows Live ID anda untuk menyertakan situs anda dan mulai menyaksikan statistik. Bing memungkinkan anda memverifikasi kepemilikan anda dengan menempatkan file XML atau Tag HTML di server Web anda atau dengan menambahkan tag meta yang berisi aba-aba otentikasi ke bab kepala halaman Web default anda. 15.  Optimalkan area BODY dari halaman website anda Teks BODY adalah teks yang dapat anda lihat di halaman web. Itulah mengapa konten situs anda perlu dioptimalkan sedemikian rupa sehingga mampu sesuai dengan mesin penelusuran dan pembaca anda. Harus hati-hati mengoptimalkan halaman yang dimaksudkan untuk menawan hadirin yang ditargetkan dan berfungsi sebagai halaman kode. Disarankan biar anda mengoptimalkan setiap halaman untuk TIDAK lebih dari 3 kata kunci (1 keyword utama dan 2 yang saling melengkapi). Setiap halaman tertentu harus dioptimalkan untuk masing-masing set kata kunci. 16.   Buat tag Deskripsi META yang unik dan berkaitan untuk setiap halaman yang dioptimalkan Tag Deskripsi META ialah ringkasan konten halaman anda. Tag ini terutama dimaksudkan untuk mesin penelusuran untuk memberitahu mereka apa halaman itu dan dipakai untuk memainkan peran serius dalam peringkat anda. Saat ini, Uraian META tidak akan memengaruhi peringkat, tetapi masih dipakai selaku uraian laman Anda di dalam hasil penelusuran. Ini juga teks yang timbul secara otomatis dikala URL dibagikan di media sosial. 17. Hapus tag Deskripsi duplikat Salah satu metrik yang dipakai mesin penelusuran untuk menentukan peringkat ialah kualitas website. Setelah Google menjadikan Panda memperbarui bab dari algoritma regulernya, konten unik menjadi sangat penting untuk peringkat tinggi. Setiap halaman situs anda harus memiliki tag Deskripsi unik alasannya adalah mesin telusur dapat menggunakannya selaku penggalan pada SERP. Selidiki situs web anda untuk tag Deskripsi duplikat dan tulis ulang yang duplikat untuk menjelaskan tentang halaman apa itu. Saat menulis deskripsi untuk halaman arahan anda, pertimbangkan perihal itu setara dengan salinan iklan. Tag Deskripsi mesti menarik pembaca ke website dari SERP. Sebagai pekarya online, nikmati apa yang anda lakukan, inilah kunci setiap aktivitas atau kegiatan apapun itu, ok bro......... SELAMAT BERAKTIVITAS!! .
Sumber https://viablogers.blogspot.com


EmoticonEmoticon