Kamis, 09 April 2020

Makalah Versi Otomatisasi Perkantoran

MAKALAH MODEL OTOMATISASI PERKANTORAN BAB I PENDAHULUAN A.      Latar Belakang Otomatisasi kantor dipakai untuk mendukung fungsi sebuah kantor atau organisasi. Banyak alat komputer maupun non komputer otomatisasi yang digunakan untuk menunjang sebuah pekerjaan kantor biar kantor mampu berfungsi secara maksimal. Otomatisasi kantor yang banyak digunakan pada dikala ini yaitu untuk menolong sebuah permasalahan yang ada di kantor semoga secepatnya diselesaikan dengan keputusan yang cepat dan tepat, dimana otomatisasi kantor mampu menolong sebuah mekanisme kerja dan menciptakan suatu berita menjadi data. Sudah saatnya perusahaan dan forum pemerintah untuk membiasakan karyawannya semoga mempergunakan otomatisasi kantor dalam menolong pekerjaan mereka, alasannya dapat memudahkan dalam penyimpanan data, pencarian data, dan lebih menghemat ongkos. Selain itu, otomatisasi kantor ialah aplikasi teknologi gosip yang dirancang untuk mengembangkan produktivitas karyawan di kantor dengan memberi dukungan dalam bentuk koordinasi dan komunikasi dari sorang ke orang lain baik dari dalam mauoun luar perusahaan. Untuk mempermudah suatu gambaran dalam otomatisasi kantor, maka perlu adanya model otomatisasi kantor. Model adalah suatu gambaran, rencana, atau representatif dari suatu objek, suatu metode, atau suatu desain yang merupakan penyederhanaan agar lebih gampang diketahui. Oleh karena itu versi otomatisasi kantor yakni deskripsi dari suatu metode otomatisasi kantor dimana agar lebih mudah dimengerti bahwa dalam proses otomatisasi kantor satu sama lain saling menghipnotis. Model otomatisasi kantor dibutuhkan mampu membantu dalam mengerti cara kerja sebuah aplikasi otomatisasi kantor baik itu berbasis komputer maupun tidak berbasis komputer. Yang didalamnya terdapat proses tata cara otomatisasi yang saling berkaitan yang berguna untuk pemecahan duduk perkara. B.       Ruang Lingkup Untuk mempermudah penulisan makalah ini dan semoga lebih terarah dan berjalan dengan baik, maka perlu kiranya dibuat sebuah batasan problem. Adapun ruang lingkup masalah yang akan dibahas dalam penulisan makalah ini, ialah : 1.      Pengertian Model Otomatisasi Perkantoran. 2.      Model Otomatisasi Perkantoran. BAB II KAJIAN PUSTAKA A.      Pengertian Model Otomatisasi Perkantoran Otomatisasi kantor ( office automation/OA ) adalah penerapan otmatisasi, seperti teknologi komputer pada pekerjaan kantor. Otomatisassi kantor mencakup seluruh system elektronika formal maupun informal yang utamanya berhubungan dengan komunikasi berita ke dan dari orang-orang di dalam maupun di luar perusahaan. Salah satu  kelebihan dari OA ialah adanya fakta bahwa dia menunjukkan suatu sambungan komunikasi bagi orang-orang di dalam dan di luar perusahaan untuk saling beromunikasi satu sama lain(Pratita, 2014, hal. 101). Otomatisasi kantor ialah penggunaan alat elektronik yang digunakan untuk mempermudah komunikasi formal dan informal terutama yang berkaitan dengan komunikasi gosip dengan orang-orang didalam dan diluar perusahaan. O’Brien (1996) mendefinisikan otomatisasi kantor sebagai metode informasi berbasis telekomunikasi yang menghimpun, memproses, menyimpan dan mendistribusikan pesan-pesan, dokumen-dokumen dan komunikasi elektronika yang lain diantara individual, grup-grup kerja dan organisasi. Otomatisasi kantor ( office automation-OA ) meliputi semua tata cara elektronika formal dan nonformal dengan utamanya yang berafiliasi dengan mengomunikasikan gosip ke dan dari orang di dalam dan luar perusahaan (Raymond McLeod, 2004, hal. 86). Berikut rancangan dari otomatisasi kantor(Yuniarthe, 2013, p. 2), antara lain: 1.       Proses yang terjadi di perkantoran seperti halnya proses manufaktur senantiasa mengarah ke otomatisasi. 2.       Otomatisasi kantor berevolusi dari aplikasi-aplikasi yang terpisah tanpa rencana menuju aplikasi yang terencanan dan terpadu. 3.       Otomatisasi kantor memudahkan penerimaan dan pengantaran info. 4.       Otomatisasi kantor memperlihatkan keuntungan lebih besar lewat pengambilan keputusan yang lebih baik 5.       Otomatisasi kantor sebagai suplemen bagi tata cara komunikasi tradisional bukan sebagai pengganti. B.       Model Otomatisasi Perkantoran Ketika kita melacak kembali jalan yang telah ditempuh oleh kommputasi bisnis selama 50 tahunan seejarahnya, kita acap kali menemui ungkapan otomatisasi kantor ( office automation ). Dilihat dari namanya, otomatisasi kantor adalah penerapan otomatisasi, seperti teknologi komputer, pada pekerjaan kantor. Otomatisasi kantor dapat dilacak kembali hingga permulaan tahun 1960-an, dikala IBM memperkenalkan ungkapan pembuatan kata ( word processing ) untuk menyatakan sebuah rancangan yang menyatakan bahwa pada umumnya acara kantor dipusatkan pada pembuatan kata-kata. Lalu, teknologi-teknologi lain mirip e-mail, penanggalan elektronik, konfersi video, dan desktop publishing diterapkan pada pekerjaan kantor, dan bantu-membantu disebut sebagai otomatisasi kantor. Otomatisasi kantor ( office automation -OA) meliputi seluruh system elektronika formal maupun informal yang terutama berhubungan dengan komunikasi gosip ke dan dari orang-orang di dalam maupun di luar perusahaan(Raymond McLeod J. G., 2008, p. 105). Beberapa system OA melibatkan pengguna komputer dan beberapa yang lain tidak. Gambar 1 ialah suatu model OA yang menunjukkan bagaimana para pemecah persoalan meggunakan aplikasi berbasis komputer dan berbasis nonkomputer. Beberapa pemecah masalah berada di dalam perusahaan, sedangkan lainnya berada dalam lingkungan perusahaan. Satu kelebihan dari OA ialah adanya fakta bahwa beliau menawarkan sebuah sambungan komunikasi bagi orang-orang di dalam dan di luar perusahaan untuk saling berkomunikasi satu sama lain. Model diatas memperlihatkan bahwa aplikasi-aplikasi berbasis komputer berinteraksi dengan suatu basis data yang dipopulasi oleh gosip yang diperoleh ari dalam perusahaan dan dari lingkungan. Karena OA tidak memiliki mengurus data, penggunaan database dibatasi pada isi gosip. Informasi dikumpulkan dari system fisik perusahaan. Informasi juga ditawarkan oleh lingkungan. Informasi berfungsi sebagai input bagi aplikasi OA berbasis komputer mirip pengolah kata, e-mail, dan pertemuan komputer. Pemecah problem lain berada ditengah-tengah garis yang memisahkan perusahaan dengan lingkungan. Ini bermakna bahwa orang-orang itu mungkin berada kedua area tersebut. Model tersebut juga mencerminkan penggunaa aplikasi OA berbasis non-komputer seperti konferensi video-audio. Pergeseran dari Pemecahan Masalah Administratif ke Manajerial Aplikasi-aplikasi OA pertama sebelumnya dimaksudkan untuk mendukung pegawai bagaimana sekretariat dan administrative. Pengolah kata,  e-mail , faks, dan penanggalan elektronik ialah pola-contohnya .Seiring dengan kian bertambahnya pengetahuan komputer di golongan manajer dan professional, mereka menyadari bahwa mereka dapat memakai aneka macam aplikasi untuk memecahkan dilema yang mereka hadapi. Mereka mulai memakai  e-mail  untuk berkomunkasi dengan pemecah maslaah yang lain, menggunakan penanggalan elektronik  untuk menjadwalkan rapat dengan pemecah masalah lainnya, melaksanakan pertemuan video untuk menghubungkan para pemecah maslah di wilayah geografis yang luas, dan seterusnya. Dewasa ini, kalangan manajer dan professional mempunyai klaim atas aplikasi OA sama halnya denga pegawai sekretaria dan administrative. C.       Aplikasi Komputer dan Non Komputer Aplikasi komputermerupakan sebuah perangkat lunak komputer yang mempunyai fungsi tertentu sesuai dengan tujuan yang dikehendaki oleh si pembuat aplikasi (Programer). Aplikasi komputer umumnya diciptakan untuk mempermudah insan dalam mengerjakan suatu tugas didalam sebuah komputer, mirip untuk mengolah data maupun untuk kebutuhan editing. Aplikasi nonkomputer ialah aplikasi yang tidak berbasis komputer atau Personal Komputer, aplikasi ini tidak menggunakan peralatan komputer tetapi merupakan mesin mekanik yang mampu membantu dalam sisi otomatisasi. Beberapa aplikasi komputer dan non-komputer diantaranya, menurut Ramond McLeod, Jr : 1.        Aplikasi berdasarkan komputer a.        Pengolahan Kata Pengolah kata yaitu penggunaan alat elektronika yang secara otomatis melakukan banyak tugas yang diperlukan untuk mempersiapkan dokumen yang ditik atau dicetak. b.        Surat elektronik Dikenal sebagai E-mail, yakni penggunaan jaringan komputer yang memungkinkan para pemakai mengirim, menyimpan dan menerima pesan-pesan dengan menggunakan terminal komputer dan alat penyimpanan. Surat elektronika dimaksudkan untuk memecahkan aneka macam dilema yang terdapat pada telepon konvensional c.          Voice mail Hampir sama dengan surat elektronik tetapi pesan dikirim dengan mengucapkannya kedalam telepon. Telepon juga dipakai untuk mengambil pesan-pesan yang telah diantarkan. Voice mail memerlukan komputer dengan kesanggupan menyimpan pesan audio dalam bentuk digital dan lalu menggantinya kembali menjadi bentuk audio ketika dipanggil. Tiap pemakai mempunyai voice mailbox dalam penyimpanan sekunder, dan perlengkapan khusus mengubah pesan audio ke dan dari bentuk digital. d.        Kalender elektronik Kalender elektronik ialah penggunaan jaringan komputer untuk menyimpan dan mengambil kalender konferensi manajer. Cara kerjanya mirip seperti organizer. Manajer atau sekretaris mampu memasukkan konferensi-konferensi, menciptakan perubahan dan menelaah kalender itu dengan memakai keyboard. Konfigurasi peralatannya sama dengan e-mail. Biasanya perangkat lunak e-mail menyertakan kemampuan kalender elektro. e.         Konferensi Komputer Terdapat perbedaan yang tipis antara konferensi komputer dengan e-mail. Kedua aplikasi memakai perangkat lunak yang serupa dan konfigurasi peralatan yang serupa. Yang membedakan adalah orang yang memakai tata cara dan problem yang dibahas. Konferensi komputer yaitu penggunaan jaringan komputer untuk memungkinkan para anggota tim pemecahan duduk perkara bertukar info perihal dilema yang sedang dipecahkan. Sebaliknya, e-mail mampu dipakai oleh siapa pun dengan jalan masuk ke tata cara dan untuk tujuan apa pun. Konferensi komputer dapat digunakan dalam satu kawasan geografis. Teleconferencing meliputi tiga bentuk konferensi elektronik ialah audio, video dan komputer. 2.        Aplikasi OA berdasarkan non komputer a.      Konferensi Audio Konferensi audio Adalah penggunaan peralatan komunikasi bunyi untuk menciptakan sebuah korelasi audio diantara orang-orang yang tersebar secara geografis dengan tujuan melakukan pertemuan. Telepon koferensi (conference call) merupakan bentuk pertama pertemuan audio dan masih digunakan. Konferensi audio tidak memerlukan komputer, cuma melibatkan akomodasi komunikasi audio dua arah. Keuntungan konferensi audio : 1.       Biaya peralatan yang dibutuhkan untuk konferensi audio berada dalam jangkauan semua perusahaan. 2.       Orang-orang merasa kalem berbicara di telepon. 3.       Konferensi audio mampu disiapkan dalam waktu singkat. b.     Konferensi video Konferensi video yaitu penggunaan peralatan televisi untuk menghubungkan para akseptor pertemuan yang tersebar secara geogrrafis. Peralatan tersebut menyediakan korelasi audio dan video. Seperti pertemuan audio, konferensi video tidak memerlukan komputer. Tiga konfigurasi dasar konferensi video, berdasarkan kemampuan sinyalnya : 1.       Video Satu Arah dan Audio Satu Arah Sinyal video dan audio dikirimkan dari satu kawasan transmisi kesatu atau beberapa daerah penerimaan. 2.       Video Satu Arah dan Audio Dua Arah Kemampuan audio dua arah memungkinkan orang ditempat penerimaan berbicara dengan orang di daerah transmisi sementara siapa pun menyaksikan pada gambar video yang serupa. 3.       Video dan Audio Dua Arah Komunikasi audio dan video antara semua daerah berlangsung duaarah. Cara ini merupakan pendekatan pertemuan yang paling mahal. c.      Transmisi faksimili Fax , singkatan dari facsimile transmision, yaitu penggunaan peralatan khususyang dapat membaca gambaran dokumen pada satu ujung kanal komunikasi dan membuat salinannya di ujung yang lain. Saluran komunikasinya sangat sering berupa jalan masuk telepon biasa. Fax berkontribusi pada pemecahan problem dengan membagikan dokumen terhadap anggota tim yang lain secara cepat dan gampang, tanpa dibatasi oleh letak geografis mereka. Semua yang difotokopi mampu ditransmisikan melalui fax. d.     Videotext Penggunaan komputer untuk menampilkan pada layar CRT bahan narasi dan grafik yang tersimpan.Untuk menyediakan berita dalam bentuk videotext, terdapat tiga sumber utama bahannya, yaitu : 1.       Menciptakan file videotext pada komputernya sendiri. 2.       Berlangganan jasa videotext, yang memungkinkan pemakai untuk mengakses file videotext yang disediakan oleh jasa tersebut. 3.       Memperoleh terusan ke file videotext dari perusahaan lain. e.     Pencitraan ( imaging ) Merupakan penggunaan pengenal abjad secara optik (optical character recognition) untuk mengganti catatan-catatan kertas atau microfilm menjadi format digital untuk disimpan didalam alat penyimpanan sekunder . Kemudian citra tersebut dapat diambil untuk ditampilkan atau dicetak. f.      Deskstop Publishing (DTP) Deskstop yaitu penggunaan komputer untuk menyiapkan output tercetak yang kualitasnya sangat seperti dengan yang dihasilkan oleh typesetter. Sistem DTP berbentuk suatu konfigurasi komputer mikro yang mencakup layar CRT resolusi tinggi dan printer laser, dan dikendalikan oleh perangkat lunak DTP. Layar resolusi tinggi memungkinkan operator menampilkan citra dalam bentuk WYSIWYG ( What You See Is What You Get). Tampilan layar sama persis dengan salinan kertas yang dihasilkan oleh printer laser. 3.        Contoh Aplikasi Komputer dan Non Komputer a.       Voice Mail (Komputer) Menurut (Siswanto, 2013, hal. 18)Voice mail persis sama dengan electronic mail. Perbedaannya bahwa anda cuma mengantarkan pesan dengan mengucapkan pesan tersebut melalui telepon dan bukan mengetiknya. Dan anda menggunakan telepon untuk mengundang pesan yang sudah dikirimkankepada anda. Contoh software: Voice Connector yaitu aplikasi untuk menunjang komunikasi dalam bentuk bunyi dan teks dalam jaringan setempat. Pengguna mampu memilih akseptor pesan dan mengatakan dengannya dalam waktu yang sama tanpa harus menginterupsi atau menutup aplikasi yang sedang dikerjakan. Hal itu dimungkinkan sebab software produksi Aledentsoft ini memakai teknologi Quickswitch dan Overlay Message. Keuntungan tersebut tentunya sungguh mendukung bagi bisnis internet café dan game center. Fitur lain yang dimiliki oleh Voice Connector adalah voice mail dimana pengguna dapat menyimpan pembicaraan dan memutarnya lagi. Hal itu dapat menolong dalam hal bisnis dan pendidikan. Selain itu, Voice Connector juga mampu mengirimkan pesan teks.Keduanya baik itu koneksi bunyi dan teks dapat digunakan secara P2P ( phone to phone  atau  peer to peer ) mode dan juga otomatisasi kantor dcast mode (pengguna mampu mengatakan dengan banyak pengguna yang lain bersamaan). b.      Pencitraan (Non Komputer) Peralatan pencitraan pada umumnya disebut scanner, tetapi ada dua jenis scanner, yaitu photo-scanner dan character-scanner ( Optical Character Recognition / OCR ). Scanner mengganti dokumen menjadi bit atau pulsa digital sehingga mampu disimpan dalam file komputer. Kualitas dari photo-scanner diputuskan oleh kemampuannya merepresentasi gambar dalam bintik cahaya, sehingga diukur dalam satuan dots per inch (dpi). Sebagai teladan suatu scanner dengan 1600 dpi, bermakna satu inchi persegi dari gambar diubah menjadi 1600 bintik. Bintik ini kemudian diubah menjadi pixel ( picture element ) ketika ditampilkan di monitor komputer. OCR pada prinsipnya men-scan aksara pada kertas dan menggantinya menjadi byte untuk disimpan dalam komputer. Selain dengan scanner, sekarang pencitraan dapat dikerjakan juga dengan kamera digital dimana objek yang ditangkap oleh lensa diubah menjadi gambaran digital dalam bentuk bit atau pixel. Pada dasarnya makin besar pixel yang mampu dihasilkan oleh kamera pada saat mengambil gambar makin baik kualitas gambar digital yang dihasilkan.Kini ponsel yang dilengkapi dengan kamera digital mampu mengganti objek menjadi 2 sampai 3 juta (mega) pixel, sedangkan kamera professional seharusnya mempunyai kemampuan diatas 8 juta pixel. BAB III PEMBAHASAN Pentingnya Penerapan Model Otomatisasi Perkantoran di Perusahaan Model otomatisasi perkantoran ialah kaitan berbagai unsur dalam mengatasi informasi; mulai dari input hingga distribusi dengan memanfaatkan pemberian teknologi secara maksimal dan campur tangan manusia secara minimal. Dengan demikian akan membuat isu menjadi lebih mudah dan murah dipakai, dipindahkan, dan dirawat. Pada hasilnya dapat menaruh landasan yang kuat untuk integrasi isu sehingga perusahaan bisa berkompetisi lebih baik. Ada beberapa manfaat atau kegunaan penerapan versi otomatisaasi perkantoran: 1.      Arus pembangunan otomatisasi kantor. Karena semenjak kurun ke-20, perkembangan pesat teknologi Internet dan popularitas di Cina, memimpin Intranet, Ekstranet, Internet, Pemerintah Online Proyek, proyek internet perusahaan, e pertengahan tahun 90an pemerintah, jual beli, e-government intranet, jaringan perusahaan, digital sistem 5saraf dan kantor digital dan serangkaian rancangan-desain baru, tampang desain-konsep baru,OA mampu menciptakan banyak orang menyebut bingung, seolah-olah rancangan OA belum diubahsuaikan dengan keperluan pembangunan, di mana kita lupa bahwa tahap ini untuk pengembangan tahap gres OA. Tahap ini harus menjadi simbol utama dari penggunaan teknologi internet secara luas. 2.      Konotasi dan perpanjangan otomasi kantor Pada era baru, menurut tahun pengalaman dalam otomatisasi kantor dan teknologi internet, otoma tisasi kantor, kami mengerti lebih banyak dan lebih terperinci melihat sifat jaringan, otomasi kantor mesti ditempatkan di jaringan internal (Intranet), dari properti kantor, otomatisasi kantor mesti ditempatkan di kantor digital, dari perspektif teknologi informasi, otomasi kantor harus menjadi dasar konstruksi berita. Sifat dari otomatisasi kantor adalah untuk mengembangkan efisiensi pengambilan keputusan untuk tujuan tersebut. Dengan menerapkan otomatisasi kantor, teknologi digital atau kantor, Anda dapat memaksimalkan pengelolaan struktur organisasi yang ada, pergeseran manajemen sistem, menurut pada kenaikan efisiensi,menyertakan kapasitas kantor kolaboratif, memperkuat koherensi kebijakan, realisasi akhir dari tujuan memperbaiki pengambilan keputusan kinerja. Otomatisasi kantor didasarkan pada pemahaman dan pengelolaan akumulasi informasi.Teknologi cuma alat otomatisasi kantor. Hanya pada manajemen dan administrasi mempunyai pengertian yang mendalam bisnis, akan memungkinkan otomatisasi kantor sudah memakai nya, cuma kantor gosip yang dihasilkan dalam proses pemesanan akumulasi curah hujan, otomatisasi kantor untuk bekerja. Apakah jiwa perangkat lunak otomatisasi kantor, hardware, otomatisasi kantor ialah untuk mencapai perlindungan lingkungan. Digital kantor diberi wewenang oleh dua fitur yang berlainan dan terbuka, lewat lisensi untuk menjamin keamanan dan menggunakan berlapis berita, menciptakan tata cara digital Office dapat mengaktifkan premis, lewat, buka berbagi isu membuat kenyataan. 3.      Pengembanganotomatisasikantor Otomatisasi kantor, arah di kantor digital. Kantor digital sehingga disebut bahwa nyaris semua operasi kantor yang diwujudkan dalam lingkungan jaringan. Dari sudut pandang teknologi, terutama teknologi internet, teknologi keselamatan dan pengembangan perangkat lunak teori, penerapan kantor digital mungkin. Sistem administrasi dan kebiasaan kerja dari perspektif yang komprehensif digital kantor masih agak jauh, kantor digital pertama akan memiliki efek sistem administrasi yang ada, perubahan struktur administrasi yang ada, dan tata cara manajemen perubahan mempunyai arti bahwa hak-hak dan kepentingan redistribusi; manajer lain kebiasaan kerja yang orisinil, metode kerja dan sistem hukum mempunyai inersia yang kuat, ambil waktu untuk pergeseran dalam waktu singkat. Namun demikian, realisasi penuh kantor digital ialah kecenderungan yang tak terelakkan dari pengembangan otomasi kantor. 4.      Kerangka dasar kantordigital Kantor digital ini berbeda dengan OA tradisional, juga dari pembangunan MIS, strukturnya adalah struktur jaringan Intranet, yang ialah pemikiran pembangunan top-down, adalah, pertama-tama ke jaringan internal secara keseluruhan, ini seluruh objek online untuk semua pengguna, mesti memiliki dasar, kita menyebut ini platform dasar dalam jaringan, seakan-akan PC mesti memiliki metode operasi berbasis sama. Nei jaringan yang bertanggung jawab untuk semua objek pengguna bertanggung jawab atas semua sumber daya jaringan (termasuk aplikasi web platform manajemen) pengelolaan sumber daya jaringan untuk otorisasi terpisah, standar terbuka dan sumber daya jaringan sampai layanan jaringan biasa (mirip pesan, forum, navigasi, Jiansuo Dia Perhatikan, dll). Berdasarkan platform, plug berbagai aplikasi bisnis (dimengerti sebagai MIS tradisional), aplikasi ini sumber daya jaringan. Pengguna lewat jaringan antarmuka browser bersatu, jaringan berdasarkan jalan masuk user tersebut untuk menawarkan gosip yang cocok, fitur dan layanan, memungkinkan pengguna di lingkungan jaringan kantor. 5.      Berpikirteknologidigitalkantor Kantor digital harus memiliki pemberian teknis yang baik, dengan menimbang-nimbang mandat kantor digital dan membuka dua fitur, teknologi harus pilihan teknologi Internet dan kriteria, dalam hal ini didasarkan pada penggunaan teknologi yang berafiliasi. Sangat diperlukan untuk mencapai kantor alur kerja teknologi digital, yang sekarang lebih populer metode e-mail berbasis pada teknologi alur kerja, atau disebut groupware. Sekarang dengan teknologi WEB, model Intranet berbasis perangkat lunak alur kerja, lebih dan lebih dari jenis alur kerja secara langsung menggunakan pesan middleware sebagai fasilitas pesan, e-mail sistem tanpa memakai platform pesan khusus untuk melakukan .Ini beban lampu perangkat lunak alur kerja, membuka, gampang baik untuk menjaga, dan mudah untuk mengintegrasikan tata cara bisnis yang lain dan online. Teknologi ini juga digunakan dalam teknologi dan e-commerce arah yang sama. Oleh sebab itu, WEB berbasis perangkat lunak alur kerja di kantor selanjutnya di bidang dominasi digital.Otomatisasi kantor, kantor seni manajemen otomasi sesuai dengan situasi kita ketika ini dan problem yang ada, sehingga otomatisasi kantor kami ke jalur kemajuan yang sehat dan pesat, pada otomatisasi kantor harus mengambil tindakan berikut: Penerapan dalam organisasi, dari tata cara tradisional manajemen proyek industri, profesional dan produk berbasis implementasi sistem kemudi, untuk memutuskan sistem terus berlari pemeliharaan dan upgrade tata cara, mengambil koordinasi dan pembagian kerja secara simultan jalan. Hal ini mungkin sejumlah besar otomatisasi kantor bisnis yakni inti dari perusahaan perangkat lunak yang lebih besar profesional. Aspek teknis pemilu: Pilih bertepatan dengan tren pertumbuhan dunia teknologi. Teknologi ini masih populer dan tidak dapat mewakili kala depan akan populer. Tinggi teknologi, standardisasi, keterbukaan yakni lebih baik. Mendukung pengembangan diri-aplikasi kritis, pengembangan industri nasional. Struktur teknis, sesegera mungkin dari Klien / struktur Server mentransfer system struktur Browser / Server dan sistem, dengan B / berpikir S, antarmuka pengguna final bersatu untuk browser, sistem aplikasi semua pada segi server, suatu arsitektur tiga-tingkat standar. Sistem beban ringan, terbuka dan baik, upgrade metode yang mudah pemeliharaan. Desain Sistem Metode: Dengan mengamati status otomatisasi kantor di Cina, menggunakan tata cara siklus-hidup dan prototyping sungguh pesat Kombinasi tersebut, menurut produk yang ada, utamanya untuk prototyping cepat. Dalam pelaksanaan kepatuhan dengan distribusi seragam penerapan norma-norma dan prinsip. Dalam hal rancangan, dari rancangan berorientasi bisnis gilirannya rancangan tradisional yang berorientasi pengguna, akan merancang konsentrasi pada pengguna sendiri di lingkup perspektif rancangan jaringan internal, dalam hal ini menurut rancangan dari bisnis terkait. berpikir berorientasi objek akan diperkenalkan dengan rancangan sistem untuk pergi. Dalam realisasi sistem, dari desain struktur tradisional dan beralih ke metode aplikasi yang rumit (CAS) teori untuk meraih, adalah, dari kebutuhan bisnis lazim dalam tata cara absurd kritis adaptif kompleks yang mampu menyesuaikan diri dengan pergeseran lingkungan, sistem memakai lagi akumulasi hal-hal yang lebih berharga. Contoh Kasus: Salah satu penggunaan otomatisasi kantor yang terkenal ketika ini adalah penggunaan Video Conference dimana teknologi komunikasi ini memungkinkan dua orang atau lebih dapat berkomunikasi secara langsung tanpa mengenal batas-batas waktu dan kawasan. Video Conference ini sungguh memiliki kegunaan bagi para manajer di satu kawasan untuk bertukar info dengan manajer lain di daerah lain (misal mancanegara) untuk memahami fenomena yang terjadi. Teknologi ini pastinya mampu meminimalisir biaya, waktu dan tenaga yang sangat besar dibandingkan para manajer tersebut harus bertemu tatap paras di suatu tempat. BAB IV PENUTUP A.      Simpulan Bahwa versi otomatisasi perkantoran sangat penting, apabila perusahaan ingin terus meningkat guna membangun dan mencapai tujuan perusahaan. Adapun faedah itu sendiri bagi perusahaan. Otomatisasi perkantoran bermakna pengalihan fungsi manual peralatan kantor yang banyak memakai tenaga manusia kepada fungsi-fungsi otomatis dengan memakai perlengkapan mekanis utamanya komputer. Model otomatisasi kantor yaitu deskripsi yang menjelaskan suatu tata cara otomatisasi perlengkapan kantor, dimana otomatisasi pengalihan fungsi manual peralatan kantor kepada fungsi-fungsi otomatis dengan perlengkapan mekanis utamanya komputer. Model otomatisasi kantor memudahkan kita dalam melihat metode otomatisasi kantor, dilihat dari versi tersebut kita mengetahui dalam sistem otomatisasi kantor saling menghipnotis dan tata cara tersebut sistematis dalam pekerjaannya. Sistematis disini membuat kita paham bahwa dalam pemecahan problem yang menghasilkan suatu keputusan harus melalui beberapa tahapan. Oleh karena itu tahapan tersebut harus dapat dilewati dengan cepat melalui otomatisasi kantor, data dan informasi dapat di proses secara cepat. B.       Saran Masih banyak ketidak sesuaian dalam fakta dilapangan dengan teori yang ada dalam  model otomatisasi perkantoran . Seharusnya dalam  versi otomatisasi perkantoran untuk didalam sebuah perusahaan harus Saran saya yaitu semua perusahaan harus menggunakan teknologi yang ada untuk memudahkan aktivitas dalam manajemen perkantorannya. Kemajuan teknologi berita dikala ini sangat menunjukkan efek nyata dalam aktivitas insan. DAFTAR PUSTAKA Pratita, Y. D. (2014).  Bahan Ajar Sistem Informasi Manajemen.  Yogyakarta: Deepublish. Raymond McLeod, J. G. (2008).  Sistem Informasi Manajemen.  Jakarta: Salemba Empat. Siswanto, A. (2013).  Otomatisasi Perkantoran 1.  Depok: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Sumber https://bookish15.blogspot.com


EmoticonEmoticon